Oleh: tangantanganbumi | Juni 13, 2007

Apa itu Pemanasan Global?

Pernah merasakan panas yang seperti membakar kulit? Atau menyaksikan banjir yang menggenang? Itu adalah contoh-contoh jika kita tak mampu mengelola dan menjaga bumi ini dengan baik.

Bumi menjadi seperti tak bersahabat pada manusia. Apakah ini balasan karena manusia juga tak memperlihatkan sikap yang bersahabat pada alam? Bencana yang terus menerus terjadi seperti banjir, kemarau berkepanjangan, naiknya permukaan air laut dan lain-lain adalah salah satu dampak pemanasan global.

Pemanasan global  adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Planet Bumi telah menghangat (dan juga mendingin) berkali-kali selama 4,65 milyar tahun sejarahnya. Pada saat ini, Bumi menghadapi pemanasan yang cepat, yang oleh para ilmuwan dianggap disebabkan aktifitas manusia. Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer.

Kenaikan temperatur ini akan mengakibatkan mencairnya es di kutub dan menghangatkan lautan, yang mengakibatkan meningkatnya volume lautan serta menaikkan permukaannya sekitar 9 – 100 cm (4 – 40 inchi), menimbulkan banjir di daerah pantai, bahkan dapat menenggelamkan pulau-pulau. Beberapa daerah dengan iklim yang hangat akan menerima curah hujan yang lebih tinggi, tetapi tanah juga akan lebih cepat kering. Kekeringan tanah ini akan merusak tanaman bahkan menghancurkan suplai makanan di beberapa tempat di dunia. Hewan dan tanaman akan bermigrasi ke arah kutub yang lebih dingin dan spesies yang tidak mampu berpindah akan musnah.

Hmm…ngeri kan mendengarnya? Bayangkan jika nanti rumah yang kita diami sedikit demi sedikit terendam air. Bayangkan jika muka air laut terus meninggi, berapa juta orang yang harus mengungsi dari pantai-pantai? Anak, keponakan, atau saudara-saudara terdekat kita mungkin bisa menjadi korbannya. Nah…..
Sumber: Wikipedia Indonesia


Tanggapan

  1. tanah akan tenggelam,manusia tinggal di pergunungan.matahari membakar kulit dan manusia kesakitan.


Tinggalkan komentar

Kategori